Ingin Punya Anak Cerdas ?. Ayah, Lakukan Hal Ini

Ingin punya anak cerdas ?. Ketahuilah Ayah, bahwa tingkat kecerdasan si buah hati, bukan hanya dipengaruhi oleh faktor genetik, tapi juga didorong faktor nutrisi dan stimulus. Kecerdasan merupakan salah satu modal buah hati menjelang golden age-nya. Bagaimana, Ayah – Bunda, mau lanjut membaca ?

Peran Ayah dalam Meningkatkan Kecerdasan Anak ?

MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK DENGAN INTERAKSI AYAH DENGAN ANAK

INTERAKSI AYAH DENGAN ANAK

Seorang Ayah tetap wajib menyediakan waktunya untuk bermain bersama buah hatinya. Selain untuk menciptakan kedekatan, langkah itu juga memberi manfaat bagi perkembangan dan kecerdasan si buah hati.

Fakta dalam penelitian mengenai kecerdasan anak

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk bermain atau membaca buku dengan bayi, khususnya saat mereka berusia tiga bulan, Anda bisa membantu mengembangkan kemampuan kognitifnya. Salah satu buktinya, lebih cepat mengenal warna dan bentuk saat mereka berusia 2 (dua) tahun.

Berikut pernyataan Paul Ramchandani, Profesor di Imperial College, London, “Bahkan sejak usia awal, yakni ; tiga bulan, interaksi ayah dan anak dapat dilakukan secara positif dan bisa memprediksi perkembangan kognitif mereka pada usia 2 (dua) tahun. Jadi ada sesuatu yang mungkin cukup berarti untuk perkembangan selanjutnya”.

Pesan yang jelas untuk para ayah baru untuk perkembangan kecerdasan si buah hati.
Cobalah bermain bersama bayi Anda. Bermain yang dilakukan sejak awal usia mereka dan melakukan interaksi dapat benar-benar memberikan efek positif bagi perkembangan buah hati.
Anak-anak yang memiliki sesi membaca buku dengan ayah mereka di awal kehidupan menunjukkan perkembangan kognitif yang lebih baik, termasuk keterampilan perhatian, pemecahan masalah, bahasa dan keterampilan sosial pada usia 2 (dua) tahun.

Para peneliti mencatat penemuan tersebut dalam makalah yang diterbitkan di Infant Mental Health Journal.

Ini menunjukkan bahwa kegiatan membaca dan referensi pendidikan dapat mendukung perkembangan kognitif dan pembelajaran pada anak-anak ini jelas Vaheshta Sethna dari King’s College London.

Selain itu, sering terlibat bermain bersama anak dengan keterampilan kognitif yang lebih tinggi terlihat sama, baik pada anak laki-laki atau perempuan.

Dalam melakukan penelitiannya, tim menganalisis data dari 128 ayah dan menghitung faktor-faktor seperti pendapatan dan usia mereka. Mereka menemukan korelasi positif antara tingkat, dimana ayah yang sering terlibat dengan bayi mereka dan bagaimana anak-anak berhasil pada tes mereka. Demikian seperti dilansir dari Boldsky.

loading...
error: Content is protected !!