Larangan Saat Haid yang Wajib Anda Ketahui Muslimah

Siapapun wanita di dunia ini pasti mengalami masa haid (menstruasi). Dimana hal tersebut sangatlah alami dan manusiawi.

Berdasarkan wikipedia, pengertian haid yaitu ;perubahan secara fisiologis di dalam tubuh wanita yg terjadi secara berkala serta dipengaruhi oleh hormon reproduksi (FSH-Estrogen atau LH-Progesteron) ini biasa terjadi setiap bulannya usia remaja hingga menopause. Periode ini penting di dalam hal reproduksi.

Namun, pada dasarnya bagi muslimah sangat diwajibkan untuk menjalani dan mentaati semua peraturan yg ditetapkan dalam Islam. Mengapa demikian ?, semua adalah untuk kebaikan manusia itu sendiri. bahkan di semua agama mempunyai aturan masing – masing,  bertujuan untuk kebaikan manusia.

Lalu, apa saja larangan sewaktu masa menstruasi ?

Mari kita berbekal salah satu rambu – rambunya, sebagai berikut ;

Larangan Saat Haid

Terjemahan Al Baqarah Ayat 222

Sumber lainnya  dalam Islam : Rasulullah Bersabda :”Sesungguhnya mukmin itu tidak najis.” (HR. Al-Bukhari) 

Intip yuk rambu – rambunya bagi muslimah yg sedang Haid !

Penerjemahan Larangan Wanita Saat Menstruasi

Dari kandungan Ayat tersebut di atas sudah menjelaskan sebagai berikut :

1. Ketahui Batasan & Larangan Terhadap Suami di saat Isteri Sedang Mengalami Mensturasi.
Sebagai pasangan suami isteri, bermesra – mesraan sangat lazim dilakukan, walaupun pada masa tersebut (menstruasi). Makna menghindari bukan bermakna haram (dalam hal jarak), hanya saja batasan – batasan tertentu secara moral. Point ini menjadi aturan utama bagi pasangan suami isteri (sesuai dengan kaedah yg ada di dalam Islam) sangatlah utama.
2. Larangan Saat Haid melaksanakan “Shalat”.
Tak jarang juga  hal ini ditanggapi secara miring. Kembali pada manfaat menstruasi adalah untuk mengetahui tingkat dari kesuburan seorang wanita yg berguna membersihkan darah dan tubuh (membersihkan area reproduksi, bakteri serta bermanfaat untuk mengeluarkan zat besi berlebih dari dalam tubuh anda).

Lantas apa hubungannya dengan Shalat ?. Kajian ilmu modern telah menjawab pertanyaan tersebut. Selain gerakan pada ibadah “shalat” setara dengan kegiatan olahraga. Diantara faktor utamanya,  adalah ; aktivitas ruku’ serta sujud yang dpt membahayakan bagi seorang wanita, karena dapat memicu peningkatan secara signifikan peredaran darah ke rahim saat proses pengeluaran darah haid. Dengan demikian semakain banyak aktivitas sujud dan ruku’, berpotensi terjadi gangguan pada indung telur & rahim (dengan penyerapan darah yg mengalir ke rahim).

Dampak selanjutnya, akan sangat rentan terseranganemiadan kehilangan zat besi (sewaktu sistem peredaran darah banyak mengalirkan darah ke rahim). Kehilangan banyak zat besi sebagai imun tubuh, dapat merusak zat imunitas dalam tubuh sehingga mudah terserang berbagai penyakit.

Silahkan ambill hikmah dibalik larangan tersebut.

3. Puasa, Juga Merupakan Salah Satu Larangan Saat Menstruasi.
Sama halnya dengan ibadah Shalat, dinyatakan dalam kutipan Ayat tersebut di atas “Haid adalah kotoran” >>>selama proses pengeluaran kotoran tsb, muslimah tidak dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Ini karena, demi menjaga asupan gizi makanan yang diperlukan oleh tubuh serta menjaga kesehatan (fisik) anda.

Lagi – lagi, kehilangan banyak darah membuat tubuh anda mudah lelah (serta memiliki emosi yg tidak stabil / naik turun) juga rentan terkena anemia

Dianjurkan di saat mengalami menstruasi, anda harus lebih banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi, supaya darah serta magnesium & zat besi dalam tubuh yang berharga tidak terbuang sia – sia serta perbanyaklah beristirahat.

Dilihat dari kandungan ayat tersebut patut diketahui larangan apa saja yang tidak boleh dilakukan saat masa haid.

 Silahkan Baca JugaPengertian Islam Secara Harfiah

4. Larangan  Saat Haid ber – Jima atau Bersetubuh.

Jelas, kembali pada Surat Al-Baqarah tersebut di atas, bahwa jauhilah bersetubuh pada masa itu (menstruasi). Namun, silahkan perhatikan point No. 1 di atas, diperbolehkan bermesraan (lazim, bukan) dengan batasan tertentu (tidak bersetubuh) serta menolak secara halus saat suami melebihi batasnya. Perlu diingat, penolakan secara halus.

hukum bagi seorang isteri menolak ajakan suami untuk berjima - Larangan Saat Haid

5. Larangan saat Haid melaksanakan Thawaf.
Riwayat Bukhari, No. 305, dan Muslim No. 1211. “Dari Aisyah Radhiallahu’anha saat dia mengalami haidh, sebelum masuk ke Mekah dalam haji Wada’.
Maka Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berkata kepadanya (bahwa), “Lakukan sebagaimana yg dilakukan jamaah haji (lainnya), hanya saja engkau tidak boleh (melaksanakan) Thawaf di Baitullah, sebelum (engkau) suci”.
Menurut Pada Muslim Tips Pada Istri Suami Hubungan Badan Bercinta Bagi Akibatnya Dan Menstruasi Agama

6.  Larangan saat haid “Memegang Al-Qur’arn (Mushaf)”.“Menurut jumhur (mayoritas) ahli ilmu, tidak boleh bagi seorang muslim menyentuh mushaf (al-Quran) jika ia tidak berwudhu/suci.

hukum memegang al-qur - Larangan Saat Haid'an saat haid

hukum memegang al-qur’an saat menstruasi / haid

Read more >> https://konsultasisyariah.com/2876-wanita-haid-menyentuh-alquran.html

7. Larangan Saat Menstruasi Memasuki Masjid. 

Jumhur ahli fiqhh 4 madzhab berpendapat mengenai larangan saat menstruasi bagi wanita, bahwasannya tidak diperbolehkan seorang wanita haid berdiam di masjid.

Hadist Riwayat Bukhari (974) dan Muslim (890) - Larangan Saat Haid

Hadist Riwayat Bukhari (974) dan Muslim (890) mengenai larangan saat haid / menstruasi

Dengan demikian, dapat kita ambil beberapa hikmah dibalik larangan / batasan saat anda haid, yang tentu baik untuk diri sendiri dan sebagian adalah ketetapan yang harus dipatuhi. Semua peraturan dan ketetapan dari-Nya semata – mata hanya untuk kebaikan manusia itu sendiri.
Terima kasih atas kunjungannya di Artikel “Larangan Saat Menstruasi
Anda juga bisa membaca artikel lainnya di DIWIDA.com
 
loading...
error: Content is protected !!