Meningkatkan Kepercayaan Diri Dengan Cepat dan Cara Tepat

Membangun Kepercayaan Diri

Dengan menumbuhkan rasa kepercayaan diri, tentunya banyak manfaat yang akan kita dapat dlm kehidupan sehari – hari.

Namun, sebagian orang tidak mengetahui rahasia dari cara menumbuhkan rasa percaya dirinya, yang sebenarnya adalah mudah untuk diterapkan.

cara meningkatkan kepercayaan diri

meningkatkan kepercayaan diri

Faktor Gagalnya Membangun Kepercayaan Diri

Hal pertama yang perlu diketahui bahwa rasa diri atau kepercayaan diri berasal dari diri anda sendiri.

Sama halnya dengan keyakinan, juga berasal dari diri sendiri.

Seperti yang terjadi pada kasus penurunan kepercayaan diri yang tak terbangun dengan baik. beberapa faktor yang mempengaruhinya, antara lain adalah ;

  1. Persiapan yang kurang matang. Hal ini bersifat pada masa mendatang (saat pelaksanaan).
  2. Korban bully (ejekan). Sudah tentunya bully atau ejekan merupakan sifat negatif manusia, bertujuan merendahkan orang lain. Korban ejekan merupakan target sasaran penurunan mental atau kepercayaan diri.
  3. Trauma masa lalu (pengalaman hidup). Kenangan pahit tak terlupakan dari masa lalu merupakan salah satu penyebab timbulnya ketidakpercayaan pad diri sendiri.
  4. Harga diri. Yakni penilaian terhadap diri yang terkadang cukup melebih – lebihkan, mengakibatkan ketidakpuasan terhadap penampilan kita sehari – hari (pesimis)
  5. Kondisi Fisik. Beberapa perubahan fisik dari tahun ke tahun selalu menjadi trending topik.
  6. Jenjang Pendidikan. Mungkin diri kita menjadikan tolak ukur pendidikan sebagai alasan perdaya diri. Ini cenderung menjadi faktor utama saat menghadapi suatu permasalahan.
  7. Lingkungan Sosial (Pegaulan). Heboh dikalangan muda – mudi saat ini. Agama pun membahas akan hal ini.

Tips Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Dari  beberapa hal yang mempengaruhi kepercayaan diri secara psikologis internal dan eksternal. Banyak ahli psikologi menyatakan bahwa kepercayaan diri bermuara pada tingkat keyakinan kita.

Sempat saya singgung pada tulisan di atas, bahwa salah satu faktor penghambat dari pembangunan rasa percaya diri.

1. Mental block sebagai penyebabnya (silahkan anda baca, apa itu mental block).

Sama halnya dengan tingkat keyakinan kita, apabila rendah akan berdampak serupa dengan kepercayaan diri anda.

Pada prinsipnya, keyakinan itu timbul dari dalam diri anda sendiri

Saya lebih memilih satu kata yang dihasilkan dari pengaruh keyakinan dalam peningkatan kepercayaan diri anda, yakni “Auto Action”.

Bagaimana orang yang memiliki keyakinan tinggi akan lebih aktif, percaya diri dan cepat mendapat apa yang dia capai.

Di suatu momen, orang dengan keyakinan tinggi memiliki pengaruh kuat mempengaruhi ketimbang orang pesimis.

2. Kenali Kelemahan Anda. Jika anda merasa memiliki sifat pemalu, seharusnya anda mendapatkan solusi yang cepat akan permasalahan ini.
Berkacalah sejenak, berdiri di depan kaca dengan posisi tinggi sejajar dengan rambut dan terendah di bagian dada. Fokus pada area kepala hingga dada.
Tanya pada diri sendiri, apa kelemahan anda ?.

Saya beri contoh mengatakan pada diri sendiri “Saya seorang berpendidikan rendah, bagaimana mungkin saya bisa mempunyai suatu usaha”

Hai, halo..saya bisa langsung menjawabnya ; ” Berapa banyak org tamatan SMA mempunyai bawahan berpendidikan S1/sederajat atau lebih tinggi dari itu? “.

Tawarkan berbagai macam solusi pd diri untuk mengatasi kelemahan anda. Dengan kasus pada paragraf sebelumnya, Saya akan mengatakan “Ilmu Pendidikan juga sama dengan ilmu terapan, kemampuan bisa Saya raih dengan kualitas yang lebih dari seorang Sarjana”. Beberapa tahun sebelumnya, ada seorang yang berhasil menciptakan televisi karya anak bangsa sendiri, atau rancangan mobil menghebohkan tanah air oleh anak – anak SMA/Sederajat.

Cara agar Percaya Diri dan Berani

Aku Bisa & Pasti Bisa. Katakan dan tanamkan dalam diri sendiri keyakinan ini, seperti tips atau cara di atas, bahwa dengan demikian anda akan lebih serba auto act dalam bertindak.

Jika anda malu atas dasar penampilan anda yang biasa biasa saja. Maka, dengan mencintai diri sendiri, menoleh ke belakang dari org yg kekurangan dari diri kita, atau hal lain yg merupakan nilai tawar dari kelemahan anda.

Cintailah nilai positif dari dalam diri anda dengan sewajarnya, namun sinkron dengan permasalahan anda.

Contoh kasus :

  • Penampilan yang biasa – saja = cintailah nikmat rejekimu.
  • Pendidikan yang rendah tidak akan berkualitas dalam bersosial = aku mempunyai bakat dan minat di bidang yang sama dengan mata kuliah (sebut saja “mata kuliah A”). Dengan hal ini, akan membawa manfaat bagi org lain.
  • Dari kecil aku seorang yang pemalu, pastinya tdk bisa diterima di lingkungan sosial karena telah lama tak bergaul dengan teman. Maka, ketahuilah bahwa sebenarnya teman – temanmu mengharapkan kehadiranmu dalam pergaulan.
  • Aku lemah pada beberapa sisi/bidang (pengetahuan, dll). Ya, tiada gading yg tak retak kan ?.
  • Aku seorang yg hina akibat perbuatanku / akibat org lain. Semoga kita mulia di mata Allah SWT (karena saya penganut agama Islam).
  • Aku tidak siap dengan acara tersebut = Mengapa tidak anda persiapkan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan anda ?.
  • Aku bodoh dalam mata pelajaran “A” = Setidaknya Saya Bodoh, tapi telah berusaha. Maka, perbaikan pasti dpt tercapai.
  • Masa lalu yang kurang baik untuk hal tersebut. Bernilai positifkah hal tersebut, jika “positif” mengapa anda takut akan masa lalu yg tlh berlalu.
  • Aku Korban Bully = Tunjukkan anda kuat. Pembully akan mengingat selalu perbuatannya. Dia / mereka pasti meminta maaf kelak. Lalui dengan santai dan tenang & ikuti aturan yang berlaku (laporkan pd pihak sekolah, dll). Beri nilai positif pada pembully, sesungguhnya energi positif lebih kuat daripada energi negatif.
  • Aku mempunyai kekurangan fisik. Hmm, seberapa parah hal itu membatasi anda berkarya, atau seberapa parah teman anda akan menghina penampilan anda ?. Ini dunia nyata, bukan seperti di film. Adapun teman anda yg punya peringa buruk, akan tetapi lebih banyak teman yang mempunyai tabiat yg baik Kok. Dalam hal berkarya, silahkan cari deh informasi tentang itu banyak juga sahabat/i kita yang berkarya lebih baik.

Pada dasarnya, manusia diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangan, hanya rasa syukur thd Allah SWT yang menentukan kualitasnya.

TERKADANG KITA LALAI AKAN NIKMAT YANG TELAH KITA DAPAT. SERBA KURANG ADALAH SIFAT DASAR MANUSIA. AKAN TETAPI KITA MASIH PUNYA JIWA SBG PENCETUS AKAL SEHAT DLM MENGGALI POTENSI DIRI. KEPERCAYAAN DIRI ITU HAL SEPELE, KEKURANGAN AKAN JADI KELEBIHAN APABILA KITA BISA MENUMBUHKANNYA.

Terima kasih atas kunjungannya.

loading...
error: Content is protected !!