Pengertian Islam Berdasarkan Bahasa, Istilah serta Al-Quran

Pengertian Islam

Pengertian Islam berdasarkan bahasa, istilah serta Al-Qur’an. Islam sering kali disalahpahami, khususnya disamakan / diidentikkan sama orang Islam. Islam & muslim adalah dua perumpamaan yang berbeda. Islam adalah agama, sedangkan muslim adalah pemeluknya. Islam sering diidentikkan dengan perilaku kaum/umat Islam.

Padahal, sebagaimana perilaku penganut agama lainnya, perilaku seorang mukminat belum pasti mencerminkan ajaran atau syariatnya.
 

pengertian islam

Apa Itu Pengertian Islam ?

Islam adalah agama yg telah diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Tuhan serta rasul terakhir untuk menjadi arahan hidup seluruh manusia hingga akhir zaman.

Baca Juga : Larangan Saat Menstruasi yang Wajib Anda Ketahui

Pengertian dalam segi bahasa

(Arab: Al-Islām, الإسلام, berserah diri kepada tuhan) adalah agama yg mengimani satu tuhan, yaitu Allah SWT. Pada Al-Qur’an, Islam disebut pula agama Allah atau Dienullah

 

Maka apakah tersebut mencari agama yg lain dibanding agama Allah. Sebenarnya kepada-nya-lah berserah diri (aslama) seluruh apa yg di langit (serta) di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa & hanya kepada-Nya-lah mereka dikembalikan. ” (QS. Ali Imran [3]: 83).

“Dien”, definisi dalam bahasa Indonesia adalah agama >> juga tertera di dalam Al-Qur’an, artinya “agama” (QS 3: 83), Ketaatan (QS 16: 52) & Ibadah (QS. 40: 65).

Seterusnya ini ulasan tentang makna, arti, definisi, ataupun pengertian dari Islam berdasarkan norma, istilah & Al-Qur’an. pengertian Islam secara harfiyah pengertian dari Islam dengan harfiyah artinya damai, luput, tunduk, serta bersih.

Dalam pengertian lainnya,  kata Islam terbentuk dari 3 huruf, yaitu ; S (Sin), L (Lam) serta M (Mim) >>>mempunyai makna dasar “Selamat” (Salama).

Dari pengertian Islam (secara bahasa) ini, kiranya bisa disimpulkan bahwa Islam adalah keyakinan yg membawa kebahagiaan hidup di bumi & di akhirat (alam kehidupan setelah ajal).

Islam jg agama yg mengajarkan kepada umatnya / pemeluknya (muslimin/muslimat /umat Islam) untuk menebarkan keamanan serta kedamaian, antara lain tercermin dalam bacaan shalat “sebagai ibadah utama”, yakni ucapan doa selamat Assalamu Alaikum Warohmatullah (السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله) >>>(artinya) Semoga keselamatan & kasih cinta Allah dilimpahkan kepadamu– sebagai penutup shalat.G

Arti/definisi Islam menurut bahasa. Arti kata “Islam” menurut bahasa, kata Islam berasal dari kata aslama yg berakar dari kata salama.

Pengertian Islam Lainnya

Penerjemahan lainnya, ialah bentuk mashdar (infinitif) daripada kata Aslama ini. الإسلام مصدر من أسلم يسلم إسلاما ditinjau dari gatra aspek bahasanya, yg dikaitkan bersama asal katanya (etimologis), juga memiliki beberapa pengertian – pengertian, sebagai berikut :

1. Berawal dari kata ‘salm’ (السَّلْم), bermakna damai atau kedamaian. firman Allah Subhanallahu Wa Ta’ala dalam Al-Qur’an: وَإِنْ جَنَحُوا لِلسَّلْمِ فَاجْنَحْ لَهَا وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ “dan bila mereka condong kepada perdamaian (lis salm), maka condonglah kepadanya serta bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya (hanya) Dia-lah Yang Maha Mendengar (dan) lagi Maha Mengetahui. ” (QS. 8: 61).

Kata ‘salm’ dalam ayat di atas mempunyai arti damai atau perdamaian. Ini yakni salah satu arti dan ciri dari agama Islam, yaitu bahwa agama yg mengajarkan umatnya untuk cinta damai atau senantiasa mengikhtiarkan perdamaian, bukan peperangan atau konflik dan kekacauan.

Dan kalau ada dua  daripada orang-orang mu’min berperang maka damaikanlah antara keduanya. kalau salah satu dari kedua klasifikasi itu berbuat aniaya terhadap kategori yang lain, maka perangilah lingkungan yg berbuat penindasan itu. Sehingga kalangan itu lagi kepada perintah Yang Maha Kuasa; jika kelas itu duga lagi (kepada perintah allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah. Sesungguhnya Dia menyukai orang-orang yg berlaku benar. ” (QS. 49: 9). Sebagai salah satu bukti agama Islam ialah agama yg  sangat menjunjung tinggi perdamaian adalah Allah SWT via Al-Qur’an baru mengizinkan atau memperbolehkan kaum muslimin bertempur jika tersebut diperangi oleh para musuh-musuhnya. أُذِنَ لِلَّذِينَ يُقَاتَلُونَ بِأَنَّهُمْ ظُلِمُوا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ نَصْرِهِمْ لَقَدِيرٌ “(Qs. 22: 39).

 

2.  Berasal dari kata ‘aslama’ (أَسْلَمَ) >>> berarti berserah diri atau sadrah.

Makna atau pengertian ini sesungguhnya menunjukkan sesungguhnya seorang muslimin, yaitu ; seseorang yang secara Mustakim menyerahkan jiwa dan raganya hanya kepada Allah SWT. Berserah diri (yg) seperti ini ditandai dengan atau merupakan penjelmaan terhadap apa yg Dia perintahkan serta menjauhi segala larangan-Nya.

“Dan barangsiapa-kah dengan lebih baik agamanya daripada orang yang sukarela menyerahkan dirinya (aslama wajhahu) kepada-Nya”.

 

3.  Berasal dari kata istaslama-mustaslimun : penyerahan total kepada – Nya. Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an: بَلْ هُمُ الْيَوْمَ مُسْتَسْلِمُونَ “bahkan mereka pada hari itu menyerah diri. ” (QS 37: 26) makna ini sebenarnya sebagai penguat makna dalam atas ( angka kedua). Seorang mukminat atau pemeluk agama Islam diperintahkan untuk secara total menyerahkan semua jiwa dan raga serta harta atau apa pun yg dimiliki hanya kepada Allah SWT. Sujud di shalat secara berarti menyerahkan diri dengan total kepada Allah dalam menjalankan segala yg diperintahkan dan dalam menjauhi segala yang dilarang-Nya. Inilah yang disebut takwa menuruf pertegasan yang ternama. baca: pengertian takwa simbol kepasrahan diri kepada allah swt renggangan lain gerakan sujud pada shalat.

 

4. Berasal dari kata ‘saliim’ (سَلِيْمٌ) dengan berarti bersih dan suci. إِلَّا مَنْ أَتَى الَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ terkecuali orang-orang yang menghadap (kepada) Allah dengan hati yang bersih (QS. 26: 89). إِذْ جَاءَ رَبَّهُ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ (Ingatlah) ketika ia (Ibrahim) datang kepada Tuhannya atas hati yg suci.

Tentang Islam di Jepang

Semoga pengertian – pengertian tersebut di atas dapat menjelaskannya. Kesempurnaan hanya milik-Nya

Inspired by : WIKIPEDIA

Mungkin anda juga perlu membaca :6 Cara Memberikan Nasehat yg Cukup Efektif

loading...

Incoming search terms:

Tags:
error: Content is protected !!